PEMANFAATAN E-COMMERCE BAGI IBU-IBU PENGUSAHA MIKRO RT 02 RW 014 DESA SIMPANGAN, KECAMATAN CIKARANG UTARA

Authors

  • Tatik Juwariyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Luh Krisnawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Kelompok UMKM para ibu rumah tangga di Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara memiliki basis usaha rumahan, di antaranya usaha tas, dompet rajutan tangan, kue basah, jajanan pasar, katering, dan asesoris baju. Salah satu upaya memperluas pemasaran produk para pelaku UMKM tersebut adalah memanfaatkan ecommerce. Meskipun saat ini telah memasuki Era Industri 4.0, yang dicirikan bermunculannya market online, ternyata para pelaku UMKM tersebut belum mempraktikkan pemasaran di market online tersebut. Tulisan ini menyajikan pendampingan pemanfaatan e-commerce bagi para ibu pengusaha mikro di RT 02/ RW014, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara. Tujuan pendampingan pemanfaatan e-commerce adalah memberikan edukasi bagi para peserta bagaimana memperluas pemasaran produk melalui internet. Pendampingan pemanfaatan ecommerce dimulai dengan survei lapangan. Dari survei diperoleh hasil sebagian besar peserta belum mengenal e-commerce. Oleh sebab itu, kegiatan selanjutnya adalah memberikan penyuluhan mengenai e-commerce disertai beberapa contoh market online terpopuler saat ini. Di tahap berikutnya peserta dijelaskan dan didampingi cara mendaftarkan diri sebagai penjual online di market online yang diminati. Dari hasil kegiatan hanya sebagian kecil sebesar (25%) peserta mampu mempraktikkan proses menjadi penjual di marketplace yang diminati, sebagian besar masih dalam proses belajar memahami alur proses kegiatan pendampingan. Meskipun demikian, melalui survei google gorm diketahui 100% peserta sangat tertarik membuka toko online dan seluruh peserta merasa puas dengan kegiatan pendampingan pemanfaatan e-commerce

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles
Abstract views: 97 | : 70