TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: TINJAUAN DARI SISI KARYAWAN

Authors

  • Christa Talitha Amadea Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Rayini Dahesihsari Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah program tanggung jawabsosial perusahaan yang mengekspresikan kepedulian sosial perusahaan dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Sudah banyak studi yang menunjukkan dampak CSR terhadap naiknya citra positif perusahaan di masyarakat maupun dampak positifnya bagi kemajuan sosial masyarakat dan lingkungan hidup. Namun jarang perhatian yang diberikan untuk melihat dampak CSR bagi lingkungan internal perusahaan, khususnya karyawan. Padahal CSR juga mengambil peran yang tidak kecil dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan melalui rasa memiliki yang tinggi yang diakibatkan oleh rasa bangga terhadap kontribusi perusahaan bagi kemajuan masyarakat. Dengan menggunakan kerangka teori Identitas Sosial, penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi persepsi karyawan terhadap program CSR perusahaan dan kaitannya dengan identifikasi mereka terhadap perusahaan. Jumlahpartisipan adalah 20 orang karyawan dari perusahaan yang cukup aktif melakukan program CSR. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa bangga terhadap kontribusi positifperusahaan bagi masyarakat luas mendorong karyawan untuk mengembangkanidentifikasi yang kuat kepada perusahaan, karena menyediakan konsep diri yangpositif bagi mereka untuk menjadi bagian dari perusahaan yang membanggakan. Berdasar hasil penelitian tersebut, menyelenggarakan program CSR yang positif dan terinformasikan dengan baik kepada karyawan merupakan salah satu strategi pengelolaan sumber daya manusia yang efektif.

Published

2014-06-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 193