PENGARUH PRESENTASI IKLAN DENGAN METODE CENTRAL ROUTE DAN PERIPHERAL ROUTE TERHADAP INTENSI MEMBELI CELANA JEANS

Authors

  • Elizabeth Lydia Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Miracle Elizabeth Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Amelia Gunawan Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Thea Zaprilla Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Arnold Lukito Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya
  • Angela Oktavia Suryani Fakultas Psikologi, Unika Atma Jaya

Abstract

Kegiatan belanja telah mengalami pergeseran fungsi dari memenuhi kebutuhan hidup menjadi gaya hidup atau status sosial. Pergeseran ini menimbulkan banyak permintaan terhadap celana jeans sehingga memicu persaingan ketat dalam promosi yang dilakukan oleh produsen. Bentuk promosi yang efektif adalah iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan intensi membeli produk celana jeans berdasarkan iklan yang dihadirkan dengan metode central route dan peripheral route bagi dewasa muda. Desain penelitian ini adalah one group sample repeated t-test. Sebanyak lima puluh dua mahasiswa fakultas psikologi Unika Atma Jaya Jakarta (FPUAJ) terlibat dalam eksperimen setelah direkrut dengan metode convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan intensi membeli produk celana jeans secara signifikan, saat dihadapkan pada iklan dengan metode peripheral route persuasion partisipan memiliki intensi membeli yang lebih tinggi dibandingkan saat dihadapkan pada iklan yang disajikan dengan metode central route. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi produsen dalam memilih metode iklan yang digunakan untuk promosi produk celana jeans.

Published

2014-06-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 99