Observasi Perilaku Tidak Patuh di Lintas Sebidang oleh Pengendara Motor dan Angkutan Kota saat Peak Hour dan Non-Peak Hour

Authors

  • Teddymedio Kristo Mahasiswa Psikologi Atma Jaya Jakarta
  • Liroy Rubianto
  • Patricia Lidwina Alvionita Kristianti

DOI:

https://doi.org/10.25170/manasa.v10i2.2867

Keywords:

pelanggaran, lintas sebidang, observasi, norma deskriptif

Abstract

Perlintasan sebidang merupakan perlintasan datar yang menyilang pada satu bidang yang sama antara perlintasan kereta api dengan kendaraan darat. Pada lintas sebidang seringkali terjadi pelanggaran yang mana pelanggaran tersebut kerap kali membahayakan hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Tidak sedikit kasus kecelakaan terjadi karena pengendara memaksa diri agar tetap bisa melewati perlintasan kereta api karena terburu-buru untuk sampai tujuan. Pelanggaran pada lintas sebidang dapat berupa melewati palang kereta saat aba-aba berbunyi, berhenti di depan palang, dan berhenti di ruas jalan arah berlawanan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku melanggar peraturan lintas sebidang pada saat peak-hour dan non-peak hour. Data yang diambil menggunakan metode observasi, dan dianalisis dengan metode inter-rater reliability. Pelanggaran yang dilakukan pengendara tidak menunjukkan adanya perbedaan saat peak-hour dan non-peak hour. Perilaku melanggar peraturan lintas sebidang dipengaruhi oleh descriptive norms yang menyebabkan adanya kebiasaan melanggar akibat dari pembelajaran terhadap pelanggar yang lainnya.

Kata kunci: Pelanggaran, Lintas sebidang, Observasi, Norma deskriptif

References

Adihesa, S. (2020, Februari 10). Perumusan tujuan observasi & isu etika. Fakultas Psikologi, Universitas Atma Jaya Jakarta.
Aronson, E., Wilson, T., Akert, R., & Sommers, S. (2016). Social psychology (9th ed). Boston: Pearson
Hendrawan, M. M. Y., Ghifary, R., & Wicaksono, W. D. (2016). Desain palang pintu hidrolik pada perlintasan sebidang untuk mengurangi pelanggaran penerobosan palang pintu kereta (studi kasus jalan a.r. hakim kota tegal). Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. 1-9. Diambil dari https://ojs.fstpt.info/index.php?journal=ProsFSTPT&page=article&op=view&path%5B%5D=100&path%5B%5D=91
Ni’matuzahroh, S. P. (2016). Observasi dalam psikologi. Malang: UMM Press
Ristia, E. (2019). Kepatuhan berlalu lintas ditinjau dari sikap terhadap polisi dan jenis kelamin (Disertasi sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Sumatera Selatan, Indonesia). Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/6614/1/SKRIPSI.pdf
Sari, N. M. (2019). Pengaruh norma sosial dan faktor-faktor demografi terhadap kepatuhan pajak. (Disertasi sarjana Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia). Diambil dari http://eprints.undip.ac.id/48665/1/09_SURYAJAYA.pdf
Suryajaya, P. (2015). Kepatuhan berlalu lintas ditinjau dari sikap terhadap polisi dan jenis kelamin (Disertasi sarjana Psikologi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Sumatera Selatan, Indonesia). Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/6614/1/SKRIPSI.pdf
Zahra, F., Yogananti, A. F., Senoprabowo, A. (2015). Meningkatkan kesadaran pengendara kendaraan saat melintas perlintasan kereta api melalui iklan layanan masyarakat (Disertasi sarjana Desain Komunikasi, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia). Diambil dari http://eprints.dinus.ac.id/16619/1/jurnal_15610.pdf

Downloads

Published

2021-12-13
Abstract views: 311 | PDF downloads: 316