DIFFERENCES IN ASSERTIVE COMMUNICATION OF YOUNG ADULTS WITH FOUR DIFFERENT TYPES OF PARENTING IN JABODETABEK

Authors

  • Janice Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Margaretha Purwanti
  • Aireen Rhammy Kinara Aisyah

DOI:

https://doi.org/10.25170/manasa.v12i2.4744

Keywords:

dewasa muda, jabodetabek, komunikasi asertif, pola asuh orang tua

Abstract

Hubungan dalam keluarga merupakan faktor penting dalam perkembangan individu. Pada saat individu memasuki masa dewasa muda, dibutuhkan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara asertif guna beradaptasi menghadapi lingkungan yang baru. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi asertif dewasa muda dilihat dari jenis pola asuh orang tuanya.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji Kruskall-Wallis. Partisipan penelitian ini berjumlah 147 orang. Peneliti membuat alat ukur yang mengacu pada teori pola asuh orang tua dari Baumrind (1971) dan alat ukur Functional Assertiveness Scale (FAS) oleh Mitamura (2017). Populasi dalam penelitian ini adalah dewasa muda usia 20 sampai 39 tahun yang berdomisili di Jabodetabek. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik convenience sampling.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi asertif dewasa muda di Jabodetabek ditinjau dari jenis pola asuh orang tuanya. Pada penelitian ini ditemukan skor cukup tinggi pada kemampuan komunikasi asertif dewasa muda di Jabodetabek. Selain itu, ditemukan bahwa laki-laki memiliki kemampuan berkomunikasi asertif lebih tinggi dibandingkan perempuan melalui metode nonparametrik Mann-Whitney U Test. Saran penelitian ini adalah meneliti dewasa muda di luar Jabodetabek. Hal ini karena dugaan terkait nilai budaya conformity atau kepatuhan yang lebih tinggi pada wilayah rural di Indonesia.

References

Asysyura, S., & Rizal, G. L. (2020). Perbedaan asertivitas remaja Minang ditinjau dari pola asuh orang tua. Proyeksi, 15(2). 120-130.

Barlett, J. E., Kotrlik, J., & Higgins, C. (2001). Organizational Research: Determining Appropriate Sample Size in Survey Research. Information Technology, Learning, and Performance Journal, 19.

Baumrind, D. (1971). Current patterns of parental authority. Developmental Psychological, 4(1, Pt.2), 1-103.

Bioh, R., Durowaa, R., Kumasenu, B., & Gyekye, C. (2018). Influence of parenting styles on behavioural and emotional outcomes among university of Ghana undergraduate students. Asian Journal of Education and Social Studies, 2(4), 1-8.

Bray, J. H. & Stanton, M. (2009). The Wiley-Blackwell Handbook of Family Psychology.Malden, MA: A John Wiley & Sons, Ltd, Publication.

Cherry, K. (2021). 8 Characteristics of authoritarian parents. Verywellmind. Diambil pada tanggal 5 Oktober 2022 dari https://www.verywellmind.com/what-is-authoritarianparenting-2794955

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Crocker, L. & Algina, J. (2008). Introduction to classical and modern test theory (2nd ed.). Mason, OH: Cengage Learning.

Dagnew, A., & Asrat, A. (2017). The role of parenting style and gender on assertiveness among undergraduate students in Bahir Dar University. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3). 223-229.

Davidson, J. (1997). The complete idiot’s guide to assertiveness. Alpha Books.

Fadhilah, N., Saleh, R., & Azman, Z. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap komunikasi antarpribadi dosen pembimbing dan mahasiswa dalam bimbingan skripsi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 7(1).

Gafoor, A. K., & Kurukkan, A. (2014). Construction and Validation of Scale of Parenting Style. Online Submission, 2(4), 315-323.41

Halodoc. (2018). Ini 4 akibat pola asuh otoriter pada anak. Diambil pada tanggal 5 Oktober 2022 dari https://www.halodoc.com/artikel/ini-4-akibat-pola-asuh-otoriter-pada-anak

Harahap, J. Y. (2019). Perbedaan komunikasi interpersonal antara mahasiswa yang sudah bekerja dan yang belum bekerja, Prosiding seminar nasional & expo II hasil penelitian dan pengabdian masyarakat 2019 (hal 1086-1091). Lembaga Penelitian

dan Pengabdian Kepada Masyarakat (d.h. Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah) Universitas Tarumanegara. https://eprosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/322/322

Hasanah, A. M. A., Suharso, & Sarasawati, S. (2015). Pengaruh perilaku teman sebaya terhadap asertivitas siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1), 22–29.

Jourshari, R. R., Aria, A. M., Alavizadeh, S. M., Entezari, S., Hosseinkhanzadeh, A. A., Amirizadeh, S. M. (2022). Structural relationships between assertiveness and parenting style with mediating self-esteem and anxiety of singleton children. Iranian

Rehabilitation Journal, (20)4. 539-548.

Khairani. (2018). Psikologi komunikasi dalam pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Khalisah, S., & Lubis, R. (2017). Perbedaan perilaku asertif ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja yang memiliki clique. Jurnal Diversita Juni, (2)1. 10-22.

Kidar, F. F., Daud, M., & Fakhri, N. (2021). Pengaruh pelatihan komunikasi efektif terhadap peningkatan perilaku asertif. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(1). 33-41.

Kustiawan, W., Khaira, A., Nisa, A., Nurhalija, M., & Ramadhan, R. (2022). Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 2483-2496.

Maarif, Z. (2016). Logika komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Maccoby, E. (1980). Social development: Psychological growth and the parent – child relationship. New York: Harcout Brace Jovanovich.

Masnuna, & Qonita, N. N. (2022). Buku ilustrasi komunikasi asertif sebagai media edukasi. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1). 1-10.

Mardhotillah, M. D., & Agustriarini, R. (2022). Pola asuh authoritarian terhadap cinderella complex dimediasi dengan self-esteem. Psychological Journal: Science and Practice, 2(1). 68-71.

Matsumoto, D., & Juang. L. (2017). Culture and psychology (6th edition). Cengage Learning.42

Miehle, J., Minker, W., & Ultes, S. (2018). What causes the differences in communication styles? A multicultural study on directness and elaborateness. Proceedings of the Eleventh International Conference on Language Resources and Evaluation (LREC

.

Mirza, R., Rini, A. P., & Lestari, B. S. (2020). Hubungan antara self efficacy dengan komunikasi asertif pada mahasiswa psikologi. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1). 30-40

Muliati, R. (2022). Kontribusi Kecenderungan Pola Asuh Demokratis (Authoritative) dan Kecerdasan Emosi terhadap Perilaku Asertif pada Remaja Awal. Psyche 165 Journal, 15(2), 56–61. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i2.161

Murtiadi., Prasetia, D., Danarjati., & Ekawati, A. R. (2015). Psikologi komunikasi. Psikosain.

Mussen, P.H. 1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak (Terjemahan Budiyanto, F.X., dkk). Jakarta: Archan.

Nurudin. (2016). Sistem komunikasi Indonesia. Rajawali.

Nuzula, F. (2015). Psikologi komunikasi. Jurnal El-Hikam, 8(2). 403-420.

Papalia, D. E., & Martorell, G. A. (2021). Experience human development (14th ed.). New York. McGraw-Hill.

Parray, W. M., & Kumar, S. (2016). Assertiveness among undergraduate students of the university. The International Journal of Indian Psychology, 4(1). 283-291.

Podine, L., Jenaabadi, H., & Pourghaz, A. W. (2016). The relationship between parenting styles and discipline styles with assertiveness of students. Journal of Educational Psychology Studies, 13(24), 21-38.

Prawiro, F. (2021). Panduan penulisan skripsi: Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya tahun 2021. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Presley, T. (2022). Assertive communication: Develop your assertive communication skills and instantly learn how to stand up for yourself, communicate effectively, and boost your confidence while winning the respect.

Putri, A. F. (2019). Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35-40.

Rahmawati, D. (2020). Ciri pola asuh otoriter dan dampaknya buruknya bagi anak. SehatQ. Diambil pada tanggal 5 Oktober 2022 dari https://www.sehatq.com/artikel/terapkanpola-asuh-otoriter-ini-dampaknya-pada-anak43

Rakhmat, J. (2008). Psikologi komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Rose, L., Nottleson, S., & Mclean, L. (2022). The Impact Parenting Styles Have on Children's Communication: Exploring Stylistic Differences and Connections.

Sadeghi, S., Ayoubi, S., & Brand, S. (2022). Parenting styles predict future-oriented cognition in children: A cross-sectional study. Children, 9(10).

Santrock, J. W. (2019). Life-span development: Seventeenth edition. New York: Mc Graw Hill.

Sriyanto., Abdulkarin, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Jurnal Psikologi, 41(1). 74-88.

Sutton, J. (2021). How to measure assertiveness: 30+ questions and scales. Positivepsychology.com. Diambil pada tanggal 5 Oktober 2022 dari

https://positivepsychology.com/measure-assertivenessscales/#:~:text=The%20Functional%20Assertiveness%20Scale%20is%20a%2012-

item%20measure,to%20stop%20doing%20something%E2%80%9D%20%28Mitamura%2C%202017%2C%20p.%20103%29.

Ulfa, M., & Na’imah. (2020). Peran keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3 (1). 20-28.

Un, J. (1997). The relationship between perceived parenting styles and assertiveness among Korean American and Caucasian college students. California State University, Long Beach

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: PT. Andi Offset.

Widyastuti, T. (2017). Pengaruh komunikasi asertif terhadap pengelolaan konflik. Widya Cipta, 1(1). 1-7.

Wiswanti, I. U., Kuntoro, I. A., Rizqi, N. A. A., & Halim, L. (2020). Pola asuh dan budaya: Studi komparatif antara masyarakat urban dan masyarakat rural Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(3). 211-223.

Wortman, C. B., & Loftus, E. F. (1998). Psychology (3rd ed.). USA: Alfred A Knopf, Inc.

Xien, T. L., & Zakaria, N. S. (2022). Relationship between parenting styles, assertiveness and attitudes towards seeking professional psychological help among university students. Asian Journal of University Education (AJUE), 18(3). 780-791.

Downloads

Published

2024-01-25
Abstract views: 66 | PDF downloads: 88