Kaji Eksperimental Pengaruh Jumlah dan Interval Pembuluh Sayap Di Arah Chord Terhadap Propulsi Sayap Lentur

Authors

  • Fauzan Putraandari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Sheila Tobing Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Sayap membran lentur, Kinerja aerodinamika, Pembuluh sayap, Kelenturan arah chord

Abstract

Selama dua dekade terakhir, telah banyak studi mengenai manfaat sayap membran lentur terhadap kinerja aerodinamika untuk pengembangan Micro Air Vehicles (MAVs). Studi eksperimental kali ini dilakukan untuk mengeksplorasi manfaat pengaruh profil sayap lentur terhadap kinerja aerodinamika pada bilangan Reynolds sebesar = 50000. Pengujian pengaruh kelenturan sayap dilakukan dengan cara menguji berbagai jumlah dan interval antar pembuluh sayap di arah chord. Pengujian untuk mengetahui kinerja aerodinamika pada setiap variasi profil sayap lentur dilakukan dengan menggunakan terowongan angin. Kinerja aerodinamika dapat diketahui dengan mengukur gaya angkat dan gaya hambat pada setiap variasi profil sayap lentur terhadap berbagai sudut serang. Hasil pengukuran menunjukan bahwa profil sayap dengan distribusi interval tidak seragam, terutama lebih padat di daerah dekat
dengan pangkal sayap (root), akan memberikan manfaat kinerja aerodinamika yang signifikan. Pengukuran menunjukan bahwa
sayap dengan pembuluh yang lebih padat di daerah root dapat meningkatkan leading edge vortices (LEVs) dan membentuk pusaran udara di daerah tepi sayap (tip vortices) yang berguna untuk menyeimbangkan beban aerodinamika pada permukaan sayap atas dan bawah.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Putraandari, F., & Tobing, S. (2019). Kaji Eksperimental Pengaruh Jumlah dan Interval Pembuluh Sayap Di Arah Chord Terhadap Propulsi Sayap Lentur. Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(1), 1–9. Retrieved from https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/cylinder/article/view/4187

Issue

Section

Articles
Abstract views: 14 | : 14