Kaji Eksperimental Pengaruh Fuel Injection Pulse Terhadap Kinerja Motor Otto

Authors

  • Singgih Hidayat Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Arka Soewono Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

ECU, Fuel injection pulse, Daya, Torsi, Emisi gas buang

Abstract

Perkembangan teknologi yang modern pada kendaraan bermotor membantu meningkatkan daya dan torsi serta memperbaiki emisi gas buang pada motor tersebut. Salah satu penerapan perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor adalah mengubah sistem karburator menjadi sistem injeksi. Electronic Control Unit (ECU) akan mengirimkan perintah berupa sinyal yang berbentuk pulsa untuk dapat mengatur injeksi bahan bakar. Semakin lebar pulsa yang dikirimkan, semakin lama juga katup bahan bakar pada injektor akan terbuka. Dalam penelitian ini, ECU dikontrol sehingga lebar pulsa injeksi berubah menjadi lebih pendek 5% dan 10%, serta lebih panjang 5% dan 10% dibandingkan dengan kondisi normal. Bahan bakar yang digunakan sebanyak tiga jenis yaitu bahan bakar dengan nilai oktan 88, 92 dan 98. Hasil percobaan menunjukkan bahwa lebar pulsa lebih pendek 5% dapat meningkatkan daya dan torsi motor bakar yang menggunakan bahan bakar dengan oktan 88 dan 92. Sedangkan variasi lebar pulsa akan menurunkan perolehan daya dan torsi pada bahan bakar dengan oktan 98. Sedangkan pada hasil uji emisi dan distribusi partikel paling buruk diperoleh pada bahan bakar dengan oktan 92.

Published

2018-10-15

How to Cite

Hidayat, S., & Soewono, A. (2018). Kaji Eksperimental Pengaruh Fuel Injection Pulse Terhadap Kinerja Motor Otto. Cylinder : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(1), 14–20. Retrieved from https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/cylinder/article/view/4194

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5