PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ASURANSI ASTRA TB. SIMATUPANG JAKARTA

Authors

  • Jesica Margareta Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Yohanes Temaluru Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Motivasi Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan, PT. Asuransi Astra

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Asuransi Astra TB. Simatupang. Asuransi Astra merupakan anak perusahaan Astra International Tbk. yang bergerak di bidang asuransi umum. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian Acquisition dan Claim PT. Asuransi Astra Buana TB Simatupang yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling sehingga sampel tersebut adalah 50 karyawan bagian Acquisition dan Claim sesuai dengan jumlah populasi. Pada penelitian ini data juga di analisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, dibagi berdasarkan indikator masing-masing variabel bebas dan terikat. Bagian terakhir terdapat juga pengolahan analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil analisis regresi berganda menunjukkan ada pengaruh secara positif dan signifikan variabel motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan yakni dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu sebesar 28.887 > 3.19 dan dengan melihat nilai signifikansi yaitu 0.001 < 0.05.

References

Abrivianto, O., Swasto, B., dan Utami, H. N. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Bagian HRD PT. Arthawena Sakti Gemilang Malang), Jurnal Administrasi Bisnis Vol.7 No. 2.
Allen, N.J. and Meyer, J.P. (1991). A Three-Component Conceptualization of Organizational Commitment. Human Resource Management Review, Vol 1, No 1, pp. 61-89.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Azwar, Saifuddin. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Daft, R. L. (2004). Understanding Management 4th Edition. Mason : Thompson.
Luthans, Fred. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Terjemahan : Vivin Andhika Yuwono. Yogyakarta : PT. Andi.
Ghozali, Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T.H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE Press.
Hasibuan, Malayu, S.P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Adi Satria Abadi Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Penerbit Refika Aditama.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2009). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Mathis, Robert L dan John H. Jackson. (2006). Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi 10 ; Cetakan : 1. Terjemahan : Diana Angelica. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Kelima). Bandung : PT. Refika Aditama.
Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sutanto, E.M., & Gunawan, C. (2013). Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Dan Turnover Intentions, Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 76-88.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Depok : RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 222 | PDF downloads: 185