ANALISIS RANTAI NILAI TERHADAP STRATEGI EKSPOR PERUSAHAAN UDANG

(STUDI KASUS PT PANCA MITRA MULTI PERDANA (PMMP) Tbk)

Authors

  • Yesi Yesi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • George Martin Sirait Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Rantai Nilai, Faktor Internal, Strategi Ekspor, PMMP

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dan peningkatan hasil ekspor laut mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kondisi faktor internal PMMP dengan cara analisis value chain system dan faktor internal merupakan salah satu pendukung strategi ekspor yang diterapkan oleh PMMP. Value chain dibagi menjadi dua macam yaitu primary activities dan support activities. Primary activities meliputi inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing and sales, dan service. Sedangkan dalam support activities meliputi firm infrastructure, human resource management, technology development, dan procurement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang di mana data primer diperoleh dengan wawancara tiga narasumber yaitu manajer PMMP, karyawan PMMP, dan konsumen PMMP sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel-artikel maupun buku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh PMMP terletak pada service, human resource management, dan technology development. Kondisi internal perusahaan PMMP merupakan salah satu faktor pendukung untuk menerapkan strategi ekspor namun ada baiknya jika perusahaan lebih ketat lagi dalam perihal penerimaan pegawai di bidang produksi.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Creswell, J.W. (2010). Research Design Dengan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dimantara, R.W., dan Elida, S. (2020). Analisis Saya Saing Ekspor Udang Beku Indonesia Di Pasar Amerika Serikat. Jurnal Dinamika Pertanian Edisi XXXVI, 79-90.
Jauch, R, Lawrence dan William F, Glueck. (2012). Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maritim. Tersedia di https://kbbi.web.id/maritim diakses pada 3 April 2021.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Strategi. Tersedia di https://kbbi.web.id/strategi diakses pada 18 Januari 2022.
Katadata.co.id. Tersedia di https://katadata.co.id/herisusanto/infografik/5e9a56bda354d/kapal-asing- unting-kapal-lokal-beruntung diakses pada 3 April 2021.
Lestari, P. N. (2016). Analisis Pengaruh Variabel Internal dan Eksternal Terhadap Volume Ekspor Batubara (Studi Kasus Indonesia – Jepang Tahun 2008 – 2015). Diakses 10 Juni 2021, dari Universitas Brawijaya.
Maarif, M., Syamsul dan Somamiharja, A. (2000). Strategi Peningkatan Produktivitas Udang Tambak. J.II.Pert. Indon 9 (2).
Mankiw, N.G. 2010. Makro Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Mat. (2017). Indonesia Negara Maritim dengan Kepulauan Terbesar di Dunia. Jabarprov.go.id. Tersedia di https://jabarprov.go.id/index.php/news/25632/2017/11/03/Indonesia-Negara-Maritim-dengan-Kepulauan-Terbesar-di-Dunia# di akses pada 3 April 2021.
Mohani, V.C., Yulianto, E., Mawardi, M.K. (2016). Pengaruh Jumlah Produksi Udang Indonesia, Harga Udang Internasional, Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Ekspor Udang Indonesia (Studi Volume Ekspor Udang Indonesia Tahun 2005-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39 (2).
Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mufa’ah dan Hayati, M. (2016). Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Udang Indonesia. Jurnal AGRIFO 1 (1).
Nuraini, Desyinta. (2020). Ekspor Hasil Perikanan Indonesia Naik 10,8 Persen. Ekonomi.bisnis.com. Tersedia di https://ekonomi.bisnis.com/read/20200115/99/1190579/ekspor-hasil-perikanan-indonesia-naik-108-persen diakses pada 3 April 2021.
Porter, M.E. (1985). Competitive Advantage – Creating and Sustaining Superior. Performance. New York: Free Press.
Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.
Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakrta: Grasindo.
Republik Indonesia. (2006). Undang-Undang No,17 Tahun 2006 tentang Kepabenan. Lembaga Negara RI Tahun 2006, No. 93. Sekretaris Negara. Jakarta
Saputri, Karunia. (2016). Peluang Dan Kendala Ekspor Udang Indonesia Ke Pasar Jepang. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 5 (4), 1179-1194.
Somamihardja, Agus. (2021). Ekspor Udang Bakal Melejit. Ekonomi.bisnis.com. Tersedia di https://ekonomi.bisnis.com/read/20210127/12/1348552/ekspor-udang-bakal-melejit diakses pada 26 May 2021.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Afabeta.
Sumarsono, S. (2003). Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tandjung, M. (2011). Aspek dan Prosedur Ekspor-Impor. Jakarta: Salemba Empat
Tilaar, A.F.D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Perusahaan Yang Mempengaruhi Kinerja Ekspor (Studi Kasus Perusahaan Ekspor di Provinsi Lampung Model Komparasi). GEMA, 4 (1).
Widoyoko, E.P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widria, Yefni. (2018). Ekspor Tuna Cakalang Tongkol Indonesia 6 Tahun Terakhir (2012-2017), Kondisi dan Harapan. Kkp.go.id. Tersedia di https://kkp.go.id/djpdspkp/artikel/2746-ekspor-tuna-cakalang-tongkol- unting a-6-tahun-terakhir-2012-2017-kondisi-dan-harapan diakses pada 3 April 2021.
Widyanita. (2016). Tangkapan Ikan Kapal Asing Turun, Kapan Lokal Naik.
Yin, Robert. K. (2014). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 620 | PDF downloads: 660