ANALISIS DIMENSI BUDAYA NASIONAL HOFSTEDE PADA PT PKG LAUTAN INDONESIA

Authors

  • Vivi Novianti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Ati Cahayani Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Budaya Organisasi, Dimensi Budaya Nasional Hofstede, Budaya Kuat, Budaya Lemah.

Abstract

Budaya organisasi merupakan salah satu hal yang sangat berperan terhadap keberhasilan perusahaan. Dampak dari budaya organisasi yang kuat adalah meningkatnya kinerja perusahaan. Melihat efek baik yang diberikan oleh budaya organisasi maka hal ini perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pimpinan dan karyawan pada dimensi budaya nasional Hofstede perusahaan ini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kekuatan budaya organisasi perusahaan. Penelitian ini bersifat kualitatif dan subjek penelitian adalah PT PKG Lautan Indonesia. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam kepada tiga informan. Informan terdiri dari satu pimpinan dan dua karyawan perusahaan. Masing-masing informan menjabat sebagai General Manager, supervisor, dan Support Staff. Selain itu, terdapat data sekunder yang bersumber dari buku, artikel jurnal, penelitian terdahulu, dan data perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan memiliki tingkat jarak kekuasaan yang rendah, memiliki budaya kolektivisme yang tinggi, memiliki budaya yang feminin, tingkat penghindaran ketidakpastian yang sedang cenderung rendah, memiliki orientasi waktu jangka pendek, dan memiliki budaya indulgence. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa perusahaan memiliki budaya organisasi yang cukup kuat. Hasil ini diketahui berdasarkan persepsi pimpinan dan karyawan.

References

De Carvalho, C. R. S. P., Castro, M. A. R., Da Silva, L. P., & De Carvalho, L. O. P. (2018). The Relationship Between Organizational Culture, Organizational Commitment and Job Satisfaction. 88(4), 144–152. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-04.19
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu.
Hofstede, G., Hofstede, G. J., & Minkov, M. (2010). Cultures and Organizations: Software of the Mind (3rd ed.). McGraw Hill Professional.
Hofstede Insights. (2022). Country Comparison. Tersedia di https://www.hofstede- insights.com/country-comparison/indonesia,malaysia/ (Diakses 12 Februari 2022)
Luthans, F., Brett, C., & Kyle, W. (2021). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach
(14th ed.). Information Age Publishing, Inc.
Purwono. (2008). Studi Kepustakaan. Perpustakaan Universitas Sanata Dharma, 66–72.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Robbins, S., Judge,T (2017). Perilaku Organisasi. (Edisi 16. Cetakan ke-6) Jakarta: Salemba Empat
Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development) (Rusmini (ed.)). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta. Sutrisno, E. (2010). Budaya Organisasi (Suwito & E. Wahyudin (eds.); 1st ed.). Prenadamedia
Group. https://books.google.co.id/books?id=pd6VDwAAQBAJ
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1st ed.).
Kencana.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 495 | PDF downloads: 2137