PENGARUH PEMOTONGAN GAJI DI MASA PANDEMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

STUDI PADA PT PERIKANAN NUSANTARA

Authors

  • Andrea Devtiano Mardhika Putra Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Lamtiur Hasiana Tampubolon Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

pemotongan gaji, kinerja karyawan, SDM

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh pemotongan gaji terhadap kinerja karyawan PT. PERINUS (Perikanan Nusantara). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan datanya penyebaran kuesioner kepada 30 responden/karyawan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mean score pemotongan gaji dan kinerja karyawan di perusahaan PT. PERINUS skornya sangat tinggi, namun hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pemotongan gaji tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan di perusahaan PT. PERINUS. Nilai R-square dalam penelitian ini sebesar 0,036 (3.6%), artinya bahwa kermampuan variabel independen (pemotongan gaji) mempengaruhi variabel dependen (kinerja karyawan) hanya sebesar 3.6%, sedangkan sisanya sebesar 96.4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Dari penelitian ini diketahui bahwa tidak ada pengaruh variabel pemotongan gaji terhadap kinerja karyawan. Ini dapat dilihat dari uji T yang menunjukkan nilai t hitung (1,029) lebih kecil dari t tabel (2,467), dan nilai signifikansi (0,312) lebih besar dari α (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Artinya, tidak ada pengaruh pemotongan gaji (X) terhadap kinerja karyawan (Y).

References

Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dressler, Gary. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengertian Gaji (Salary), (Edisi Empat Belas Bahasa Indonesia). Jakarta: Indeks.

Hartono, J. (2015). Partial Least Squares (PLS) – Alternative Structural Equation Modeling (SEM) by Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Biography Andi Offset.

Jaya, Maryawan K, Mulyadi, Dedi & Sulaeman, Eman (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karawang. Retrieved From Jurnal Manajemen 10 (1), 1038-1046.

Kadarisman, M. (2012). Manajemen Kompensasi, Pengertian Gaji. Jakarta: Rajawali Pers.

Maifanda, Nonik & Slamet (2019). Pengaruh Gaji, Jam Kerja Fleksibel dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Di Kota Batam. Journal of Applied Managerial Accounting Vol. 3, No. 1, March 2019, 81-95 ISSN: 2548-9917 (online version).

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P., and Mary Coulter. (2012). Management. 11th. New Jersey: Prentice Hall.

Sadili, Samsudin (2010) Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengertian Gaji. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

Sandy, Martha Muhammad (2015). Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Tesis di Universitas Widayatama Bandung.

Subianto, Marianus (2016). Pengaruh Gaji Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Serba Mulia Auto Di Kabupaten Kutai Barat. Tesis. Universitas Mulawarman, Samarinda.

Suwarsa, Toto (2018) Pengaruh Sistem Penggajian Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. TASPEN (PERSERO) KCU Bandung. Jurnal Akuntansi TH X (Vol 10) No 1 Tahun 2018

Sumber lain:

Pahlevi. 2019. Pengertian Gaji Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi Gaji. Diambil dari https://www.pahlevi.net/pengertian-gaji/ (19 Juli 2019). (diunggah oleh penulis pada tanggal 6 september 2021).

https://www.cryptowi.com/pengertian-kinerja (diunggah pada tanggal 5 September 2021).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 68 | PDF downloads: 146