PENGARUH COACHING DAN WORK ENGAGEMENT TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BANK CENTRAL ASIA KCU KELAPA GADING

Authors

  • Grisela Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • George Martin Sirait Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Coaching, Work Engagement dan Produktivitas Kerja

Abstract

Peran sumber daya manusia menjadi faktor kunci dalam membawa pengaruh positif bagi perusahaan. Minimnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini yang selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan keterlibatan karyawan di tempat kerjanya membuat para karyawan terutama di sektor perbankan mengalami proses bisnis dan tim yang tidak fleksibel. PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading menerapkan coaching untuk memfasilitasi para karyawan dalam beradaptasi dengan perubahan pada situasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh coaching dan work engagement terhadap produktivitas kerja karyawan di PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu para karyawan yang langsung berada di bawah pengawasan manajer lini pertama. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner terhadap 35 karyawan. Penerapan coaching dan tingkat work engagement termasuk sudah baik dan produktivitas kerja karyawan menunjukkan hasil yang sangat baik. Hasil dari penelitian ini adalah coaching dan work engagement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading.

References

Bakker, A. B. (2011). ‘An Evidence-Based Model of Work Engagement'. Current Direction in Psychological Science, 20 (4): 265-269.

Dilla, A. R. dan Yuliana. (2019). ‘Pengaruh Keterlibatan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan di Favehotel Olo Padang’. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 11 (2): 27-37.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Kaswan. (2012). Coaching dan Mentoring untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Kinerja Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Mathis, R. L. dan Jackson, J. H. (2011). Human Resource Management (13th ed.). United States of America: South-Western Cengage Learning.

O’Connor dan Lages. (2004). Coaching with NLP: How to be a Master Coach. London: Element.

Palacios, R. C. dan Lumbreras, C. C. (2006). ‘Mentoring and Coaching: It Perspective’. Journal of Technology Management and Innovation, 1 (3): 131-139.

PT Bank Central Asia Tbk. (2021). ‘Innovation and Collaboration for a Better Tomorrow (Annual Report 2021)’. Bca.co.id. Tersedia di https://www.bca.co.id/-/media/Feature/Report/File/S8/Laporan-Tahunan/2022/20220217-buku-ar-bca-2021-ID.pdf. Diakses pada 5 Agustus 2021.

PT PricewaterhouseCoopers. (2018). ‘PwC Survey: Digital Banking in Indonesia’. Pwc.com. Tersedia di https://www.pwc.com/id/en/publications/assets/financialservices/digital-banking-survey-2018-pwcid.pdf. Diakses pada 17 Oktober 2021.

Ratanjee, V. dan Emond, L. (2013). ‘Why Indonesia Must Engage Younger Workers’. News.gallup.com. (17 Desember). Tersedia di https://news.gallup.com/businessjournal/166280/why-indonesia-engage-younger-workers.aspx. Diakses pada 17 Oktober 2021.

Ratnaningtyas, H., Handaru, A, W. dan Eryanto, H. (2021). Transformational Leadership and Work Motivation on Work Productivity Mediated by Work Engagement: An Introductory Analysis. Growing Scholar Publishing, 3 (2): 25-32.

Robinson, D., Perryman, S. dan Hayday, S. (2004). IES engagement survey. IES Report 408, 1–68.

Schaufeli, W. B. dan Bakker, A. B. (2004). ‘UWES (Utrecht Work Engagement Scale), Preliminary Manual’. Occupational Health Psychology Unit, Utrecht University.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian, buku 1 edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Stone, M. F. (2007). Coaching, Counseling and Mentoring. New York: Amacom.

Sudrajat, A dan Ibrahim, A, M,. (2021). Pengaruh Pembinaan Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Berdasarkan Persepsi Atasan Langsung Departemen Produksi Bagian Assembling PT Chitose International Tbk. Jurnal Tadbir Peradaban, 1 (3): 165-173.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Research Articles
Abstract views: 65 | PDF downloads: 57