TRANSAKSI https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi <p>TRANSAKSI merupakan jurnal ilmiah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang diterbitkan pertama kali secara cetak pada&nbsp;September 2008 (SK No. 0005.30/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.09).&nbsp; Jurnal TRANSAKSI terbit 2 kali dalam setahun di bulan Juni dan Desember.</p> <p><strong>Fokus dan Ruang Lingkup&nbsp;</strong></p> <p>Transaksi menerbitkan artikel/tulisan berupa hasil&nbsp;penelitian, baik penelitian empiris maupun teoretis, di ranah Ilmu Administrasi Bisnis yang&nbsp;meliputi:</p> <p><strong>1. Kajian bisnis dan kewirausahaan</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang <em>start up</em> bisnis baru, usaha mikro, kecil dan menengah.</p> <p><strong>2. Kewirausahaan sosial</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang kewirausahaan sosial dan&nbsp;<em>corporate social responsibility .&nbsp;</em></p> <p><strong>3. Sumber daya insani</strong> - Kajian dengan objek penelitian di bidang pengelolaan <em>human capital </em>di organisasi bisnis.</p> <p><strong>4. Bisnis internasional</strong> - Kajian dengan objek penelitian perspektif bisnis global.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US kurnianing.iso@atmajaya.ac.id (Kurnianing Isololipu) pristiana.widyastuti@atmajaya.ac.id (Pristiana Widyastuti) Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PEMOTONGAN GAJI DI MASA PANDEMI TERHADAP KINERJA KARYAWAN https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4618 <p>Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh pemotongan gaji terhadap kinerja karyawan PT. PERINUS (Perikanan Nusantara). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan datanya penyebaran kuesioner kepada 30 responden/karyawan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mean score pemotongan gaji dan kinerja karyawan di perusahaan PT. PERINUS skornya sangat tinggi, namun hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pemotongan gaji tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan di perusahaan PT. PERINUS. Nilai R-square dalam penelitian ini sebesar 0,036 (3.6%), artinya bahwa kermampuan variabel independen (pemotongan gaji) mempengaruhi variabel dependen (kinerja karyawan) hanya sebesar 3.6%, sedangkan sisanya sebesar 96.4% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Dari penelitian ini diketahui bahwa tidak ada pengaruh variabel pemotongan gaji terhadap kinerja karyawan. Ini dapat dilihat dari uji T yang menunjukkan nilai t hitung (1,029) lebih kecil dari t tabel (2,467), dan nilai signifikansi (0,312) lebih besar dari α (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Artinya, tidak ada pengaruh pemotongan gaji (X) terhadap kinerja karyawan (Y).</p> Andrea Devtiano Mardhika Putra, Lamtiur Hasiana Tampubolon Copyright (c) 2023 https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4618 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200 ANALISIS DAMPAK STRATEGI PEMASARAN EPIC GAMES STORE TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA STEAM https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4992 <p>Epic Games Inc merupakan perusahaan pengembang software dan game yang berbasis di North Carolina, Amerika Serikat. Epic Games Inc memliki sebuah aplikasi atau platform bernama Epic Games Store sebagai tempat mereka untuk menjual produk-produk dan software yang mereka miliki kepada para developer dan gamers. Epic Games Store sendiri sebagai platform penyedia software dan game tentunya memiliki pesaing yang sudah sangat lama ada dalam industri game, yaitu Steam. Steam merupakan platform atau aplikasi pengembang software dan game yang sudah ada sejak tahun 2002, berbeda dengan Epic Games Store yang baru tersedia pada tahun 2018. Lamanya Steam dalam industri tersebut membuat Epic Games Inc melakukan startegi pemasaran untuk menarik minat para pengguna Steam untuk mencoba dan beralih ke aplikasi Epic Games Store Karena hal tersebut penulis ingin mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan Epic Games Store berhasil dan dapat mempengaruhi loyalitas para pengguna Steam untuk beralih menggunakan Epic Games Store.<br>Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa teori mendasar mengenai strategi pemasaran dan loyalitas pengguna. Seperti teori marketing mix dari Kotler dan Amstrong (2017) dan teori loyalitas pengguna dari Tjiptono (2011) dalam Robby (2017). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi yang dilakukan terhadap beberapa pengguna aplikasi atau platform Epic Games Store dan Steam yang telah menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah berupa wawancara dengan tatap muka langsung dengan informan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Epic Games Inc berhasil dalam menarik pengguna Steam untuk mencoba aplikasi Epic Games Store melalui strategi pemasaran lewat promosi pemberian game-game gratis bulanan yang mereka berikan, tetapi mereka gagal untuk membuat para pengguna Steam beralih ke Epic Games Store, karena mereka tidak memberikan kualitas pelayanan dan fitur yang baik dibandingkan dengan yang Steam berikan kepada para penggunanya.</p> Julian Abel Suganda, Kurnianing Isololipu Copyright (c) 2023 https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4992 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200 PENGARUH COACHING DAN WORK ENGAGEMENT TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BANK CENTRAL ASIA KCU KELAPA GADING https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4991 <p>Peran sumber daya manusia menjadi faktor kunci dalam membawa pengaruh positif bagi perusahaan. Minimnya sumber daya manusia yang memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini yang selalu mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan keterlibatan karyawan di tempat kerjanya membuat para karyawan terutama di sektor perbankan mengalami proses bisnis dan tim yang tidak fleksibel. PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading menerapkan coaching untuk memfasilitasi para karyawan dalam beradaptasi dengan perubahan pada situasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh coaching dan work engagement terhadap produktivitas kerja karyawan di PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu para karyawan yang langsung berada di bawah pengawasan manajer lini pertama. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner terhadap 35 karyawan. Penerapan coaching dan tingkat work engagement termasuk sudah baik dan produktivitas kerja karyawan menunjukkan hasil yang sangat baik. Hasil dari penelitian ini adalah coaching dan work engagement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di PT Bank Central Asia Tbk Kantor Cabang Utama Kelapa Gading.</p> Grisela, George Martin Sirait Copyright (c) 2023 https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4991 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200 PENGARUH DISIPLIN KERJA, STRES KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4993 <p>Pertumbuhan atau perkembangan pusat-pusat kegiatan semakin meningkat, terutama di ibukota Jakarta. Hal ini berdampak pada pergerakan masyarakat dalam memakai transportasi umum termasuk KRL (Commuter Line). Stasiun Manggarai dipakai oleh para karyawan dari berbagai perusahaan karena Stasiun Manggarai merupakan pusat transit yang digunakan oleh para karyawan untuk transit atau berpindah dengan tujuan melanjutkan perjalanannya ke kantor. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja, stres kerja, dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dengan studi kasus pada karyawan yang menggunakan transportasi commuter line Stasiun Manggarai. Sampel pada penelitian ini ialah karyawan perusahaan yang bekerja di wilayah jabodetabek dengan rentang usia 22-45 tahun serta telah memiliki pengalaman bekerja lebih dari 2 tahun dan bekerja menggunakan transportasi commuter line Stasiun Manggarai. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah sampling insidental. Jumlah sampel yang diperoleh ialah sebanyak 100 responden. Analisis penelitian dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif, uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel produktivitas kerja karyawan dan variabel stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel produktivitas kerja karyawan.</p> Ribka Sitorus, Pristiana Widyastuti Copyright (c) 2023 https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4993 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200 INDONESIAN CONSUMERS’ ATTITUDE TOWARDS NIKE’S MULTICULTURAL CELEBRITY ENDORSEMENT https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4995 <p>With multiculturalism and famous factor that has risen within these last few years, the researcher wanted to explore more about culture background and the significance of it in an endorsement especially within Nike’s international marketing scope. This study discusses the influence of credibility, lack of irritation, informativeness, entertainment, and personalization of the Nike company. This research is a quantitative research, with primary data collection done by distributing questionnaires via Google Forms. Data collected as many as 103 people respondent. Secondary data collection is done by reading, study, and understand several sources of literature, namely books, journals, and articles. The analysis technique used is logistic regression analysis using the JASP application. The results of data analysis in this study show that credibility, lack of irritation, informativeness, entertainment, and personalization show that they are insignificant to the outcome.</p> Heidy Audelia Liora, Vincentius Rachmadi Parmono Copyright (c) 2023 https://mx2.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/4995 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0200