Pelatihan Search Engine Optimization: Memperkenalkan Pemasaran Digital kepada Pelaku UMKM

Authors

  • Julisar Surjadi Trisakti School of Management
  • Dicky Supriatna Trisakti School of Management
  • Deasy Ariyanti Rahayuningsih Trisakti School of Management
  • Astrid Rudyanto Trisakti School of Management

DOI:

https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4935

Keywords:

analisis, pemasaran digital, perencanaan , search engine optimization, UMKM

Abstract

Era digital telah mengubah organisasi perusahaan untuk dapat bertahan dan bersaing. Pada era digital, media yang diperlukan untuk dapat memperkenalkan produk barang dan jasa adalah teknologi informasi. Pemasaran digital merupakan teknologi yang berguna untuk memperkenalkan produk barang dan jasa. Search engine optimization sebagai bagian dari pemasaran digital dipakai sebagai “jembatan penghubung” antara penjual dan pembeli. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada kelompok LIFE, jemaat Gereja Methodist Imanuel, mengenai pemasaran digital, search engine optimization untuk perencanaan dan analisis. Lima puluh persen anggota kelompok LIFE adalah pemilik usaha UMKM yang berjualan melalui toko daring. Anggota kelompok LIFE mengalami kesulitan karena semakin banyak UMKM yang berjualan melalui toko daring pada masa pandemi. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktik, tanya-jawab, dan wawancara dengan pengurus LIFE. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat, para peserta sudah dapat melakukan perencanaan dan analisis dalam menerapkan search engine optimization. Kemudian, dari wawancara dengan pengurus kelompok LIFE, diperoleh informasi bahwa peserta memperoleh pengetahuan mengenai pemasaran digital untuk dapat meningkatkan kunjungan ke toko daring milik mereka sendiri.

References

Al-Mukhtar, F. H., Mahmoodd, N., & Kareem, S. (2021). Search engine optimization: A review. Applied Computer Science, 17(1), 69–79. https://doi.org/10.23743/acs-2021-07

Budhiartini, D., Rahmayati, T. E., Chairy, P., & Asyarani, S. (2022). Strategi marketing pengembangan UMKM di Desa Hamparan Perak Dusun V di masa pandemi Covid 19 dengan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Japsi Kontribusi, 02(02), 35–40.

Fauzi, Y. (2015). Manajemen pemasaran perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(3), 143–160. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51

He, H., & Harris, L. (2020). The impact of covid-19 pandemic on corporate social responsibility and marketing philosophy. Journal of Business Research, 116, 176–182. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.030

Julisar, J., Supriatna, D., & Suryawan, I. N. (2021). Search engine optimization – sub-modul keyword planner: Digital marketing untuk organisasi nir-laba. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 583–592. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15053

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Pranoto, P., Jasmani, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan digital marketing untuk peningkatan perekonomian anggota Karang Taruna Al Barkah di Kampung Cicayur—Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250–258. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425

Qurthuby, M. M., Alhifni, A., & Muhlisin, S. (2019). Pengaruh strategi pemasaran dengan konsep AIDA (attention, interest, desire, action) terhadap respon nasabah mengambang pada Bank Syariah (Studi pada Bank Syariah di wilayah Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 17–39. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4682

Sari, D. M. F. P., & Dwiya, K. G. S. (2018). Strategi digital marketing, word of mouth (wom), service quality terhadap keputusan pemakaian jasa go-jek. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), 188–198.

Supriatna, D., Surjadi, J., & Rahayuningsih, D. A. (2022). Penerapan digital marketing melalui teknik copywriting dan SEO bagi UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i1.18400

Wahyuni, S., Mudiar, W., & Masrifa, A. Y. A. (2019). Pelatihan dan pendampingan digital marketing bagi pelaku IKM sebagai upaya peningkatan layanan penjualan Jabet Sop. Mitra: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 195–203.

Published

2023-11-30

How to Cite

Surjadi, J., Dicky Supriatna, Deasy Ariyanti Rahayuningsih, & Astrid Rudyanto. (2023). Pelatihan Search Engine Optimization: Memperkenalkan Pemasaran Digital kepada Pelaku UMKM. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 192–200. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i2.4935
Abstract views: 54 | PDF downloads: 51